Sabtu, 27 April 2013

STRATEGI ADVOKASI (Martuti dkk, 2010)


Berdasarkan kekuatan apa yang ditonjolkan (fisik atau non fisik):
  • Advokasi dengan kekerasan
  • Advokasi non violence
Berdasarkan pendekatan pada Pengambilan Keputusan :
  • Strategi konfrontatif
  • Strategi kooperatif

STRATEGI ADVOKASI :
Berdasarkan aktifitas Pekerja Advokasi :
  1. Advokasi yang PROAKTIF (proaktif mempengaruhi kebjakan)
    1. Looby = kegiatan untuk emndorong dan meloloskan suatutujuan dengan mempengaruhi pegawai pemerintah atau anggota dewan sebelum kebijakan diputuskan.
6 LANGKAH LOBI :
  1. Bangun hubungan dan jadi sumber informasi
  1. Prioritaskan isu,  tidak minta terlalu banyak
  2. Datang dengan tawaran solusi berdasarkan riset
  3. Kumpulkan informasi secara intelijen
  4. Siapkan kontak, materi brifing dan argumen pendukung / bantahan
  5. Lakukan kontak personal dan kelembagaan
KIAT LOBI
  1. Bawa alatlobi berupa informasi terkait isu (latarbelakang, data dan fakta, telaah ketimpangan kebijakan dan arah yang diinginkan)
  1. Fact sheet, booklet, atau porition paper
  1. Datang dengan konsep rumusan solusi masalah terkait kebijakan yang matang dan jelas.
5 PRINSIP LOBI :
  1. Jangan emosional atau arogan
  1. Jangan menguasai forum dialog dan jangan biarkan lawn kuasai forum (seimbang)
  1. Jangan memaksakan kehendak dan merasa paling benar
  2. Jangan mengemis, posisikan debagai pelobi yang punya posisi tawar
  1. Jangan datang lobi tanpa konsep dan alat lobi.

  1. Public hearing (dengar pendapat)
    1. Hearing pada pengambi keputusan (biasanya sudah termasuk bagian dar lobi)
    2. Hearing kepada publik (publisc hearing) dengan tujan mencari masukan dan menyerap aspirasi masyarakat sekitar isu tersubut. Dapat dilakukan dengan diskusi, debat terbuka atau seminar, sarasehan dsb.

  1. Kampanye
    • Adalah untuk sosialisasikan ide, wacana, pandangan tehadap suatu tujuan kebijakan dengan tujuan mendapat dukungan publik.
    • Kegiatan uuntuk sosialisasikan ide, wacana, pandanga  terhadap suatu kebijakan denga tujuan medapat dukungan publik
    • Proses terorganisir untuk membentuk pendapat publik.

ALAT KAMPANYE
  1. Media massa
  2. Media cetak : leaflet, booklet, poster, koran, majalah, siaran, pers, artikel, feature.
  3. Media elektronik : radio, TV, dialog interaktif
  4. Media modern : FB, tweeter,
  1. Advokasi yang REAKTIF (mempengaruhi kebijakan ses kebijakan diundangkan / ditetapkan secara hukum)

PERSYARATAN  UNTUK ADVOKASI
  1. Dipercaya (credible)
  2. Layak (feasible)
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat (Relevan)
  4. Penting (urgen)
  5. Prioritas tinggi (higher priority)

Membuat pesan advokasi yang efektif:
S = Statement / Pernyataan
E= Evidence / fakta
E = Example/ contoh yang menyentuh
A = Advocacy action / tindakan advokasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar